Understanding the sensor size and pixel density in a digital camera



If you have plans to buy a prosumer camera or other types of cameras such as compact cameras, digital SLR cameras or mirrorless camera, then you will be prompted to choose the brand, sensor size  or pixel density.
 
sensor size, pixel density, new camera, prosumer camera, mirrorless camera, DSLR camera
Many kind of digital camera ready for you. Image: gcsystem.pl
Sensor size and pixel density is usually to describe the picture quality of a camera that will be generated. But you should not be too easily influenced by myths sensor size you want. The size of at least 10 megapixel sensor is very good for producing images with bright and sharp picture.

Ketika anda membeli kamera digital, apapun jenis kamera yang akan anda pilih, baik kamera prosumer, kamera Digital SLR, kamera kompak atau kamera mirrorless, biasanya penjaga toko akan membujuk anda untuk membeli kamera dengan ukuran sensor yang besar dan kepadatan pixel yang lebih rapat. Namun rayuan itu ada benarnya walaupun anda tidak selalu tergoda dengan bujukan itu.

Kamera digital  dengan sensor besar atau jumlah pixel yang semakin rapat tentu sangat berguna  ketika anda mencetak foto dalam ukuran sangat besar, misalnya dalam ukuran poster, back drop,  dan kebutuhan lainnya seperti membuat spanduk untuk kampanye pemilu, pilkada atau pilkades. Wah, kalau banyak dapat pesanan spanduk, anda akan lebih kaya. Atau anda sudah mencalonkan diri sebagai calon legislator?

Kesalahan pahaman


Ternyata ada banyak kesalahpahaman yang terjadi tentang ukuran sensor, banyak yang menjelaskan dengan cara aneh dan berbeli-belit. Untuk ukuran kamera yang lebih kecil,  maka kamera kompak biasanya diberikan satuan dalam pecahan satu inci (1 / N Format inch). Anda harus menyadari bahwa  ukuran 1 / N tidak menjelaskan tentang diagonal dari sensor. Diagonal yang benar adalah sekitar dua pertiga dari ukuran yang ditetapkan.

Lalu mengapa kebiasaan aneh ini masih digunakan? Mungkin karena alasan pemasaran. Ada yang mengatakan bahwa ukuran 1/3 "terlihat lebih baik daripada 6 mm atau 0,23". Untungnya, ukuran sensor kamera model high-end diberikan ukuran dalam milimeter (lebar x tinggi). Ukuran sensor umumnya merupakan indikator kualitas sebuah kamera digital. Ukuran sensor dapat sangat bervariasi ; menurut aturan umum, semakin besar sensor, semakin baik kualitas gambar.

Karena itulah, ingat kebutuhan anda apakah anda akan mencetak foto dalam ukuran berapa? Jika tidak, maka kamera dengan ukuran sensor sebesar 5 atau 8 megapixel sudah cukup untuk mencetak foto dalam ukuran 5R atau 10R. Jika anda seorang penulis blog atau pembuat website, maka konten blog anda tidak memerlukan ukuran foto yang besar, karena akan membuat pengunjung Internet menjadi kesal. Kenapa? Website atau blog anda akan menjadi lambat.

Sensor yang lebih besar  akan lebih efektif, karena sensor yang lebih besar memiliki permukaan yang lebih luas untuk menangkap cahaya. Ukuran sensor merupakan salah satu faktor penting ketika membandingkan kamera digital selain juga generasi kamera. Pada umumnya, sensor baru akan mengungguli  sensor yang lebih lama.

Tentang Pixel

Pixel pitch memberitahu Anda jarak dari pusat satu pixel (photosite) ke pusat berikutnya. Ini memberitahu Anda seberapa dekat piksel sama lain. Semakin besar lapangan pixel, yang lebih lanjut selain mereka dan semakin besar setiap pixel. Piksel yang lebih besar cenderung memiliki sinyal yang lebih baik untuk rasio kebisingan dan jangkauan dinamis yang lebih besar.

Pixel area

Pixel  area atau daerah photosite mempengaruhi seberapa banyak cahaya per pixel dapat dikumpulkan. Semakin besar pixel maka  lebih banyak cahaya dapat dikumpulkan dalam satu piksel. Piksel yang lebih besar memiliki potensi untuk mengumpulkan lebih banyak foton, sehingga didapat rentang dinamis yang lebih besar, sementara piksel yang lebih kecil memberikan resolusi yang lebih tinggi (lebih detail) untuk ukuran sensor yang diberikan.

Kerapatan pixel

Kerapatan piksel atau pixel density memberitahu Anda berapa banyak juta piksel  yang cocok atau akan muat dalam satu cm persegi sensor. Kepadatan pixel yang lebih tinggi berarti piksel yang lebih kecil, dan kepadatan pixel yang lebih rendah berarti piksel yang lebih besar. Apakah anda bingung?

Anda tidak perlu bingung dengan berbagai istilah itu. Jika anda hari ini atau besok anda membeli kamera digital baru, maka kamera dengan ukuran sensor minimal 10 megapixel sudah sangat bagus untuk kebutuhan pemotretan sehari-hari, liburan atau mendukung kegiatan bisnis anda.




0 comments: